Tips Merawat Motor Sistem Injeksi

MotorMagz.com – Tips Merawat Motor Injeksi. Belakangan ini sudah semakin banyak motor yang menggunakan teknologi sistem injeksi. Motor Injeksi adalah motor dengan sistem yang tidak lagi mencampurkan bahan bakar dengan udara di dalam ruang pembakaranya, yang dinilai seakan sistem yang tidak bagus. Sebenarnya merawat motor injeksi tidaklah serumit atau sesulit yang kita bayangkan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat motor dengan sistem injeksi agar sistem injeksi motor tersebut tidak cepat rusak. Jika anda memakai kendaraan yang menggunakan sistem injeksi disarankan agar sebaiknya menggunakan menggunakan bahan bakar dengan Research Octane Number (RON) diatas 90, bahan bakar tersebut tentunya bukan bahan bakar yang bersubsidi. Jangan pula kendaraan anda sampai kehabisan bahan bakar, untuk menghindari fuel pump yang terbakar dan juga mungkin kotoran yang mengendap di tangki bahan bakar ikut masuk ke sistem pembakaran.



Lakukan pemeriksaan kondisi aki secara rutin dan berkala karena motor injeksi menggunakan kontrol elektrik, jadi kondisi aki yang prima untuk mensuplai arus listrik yang stabil sangat dibutuhkan. Jika arus listrik dari aki tidak stabil akan berpengaruh kepada sistem injeksi.

Hindari pula penggunaan/pemakaian aksesoris yang menggunakan arus listrik secara berlebihan, seperti penambahan aksesoris lampu dan klakson. Karena ini akan membuat kinerja Electronic Control Unit (ECU) semakin berat dan membuat cepat rusak. Terlihat sederhana tetapi sebenarnya sangat penting untuk menjaga kondisi sistem ijeksi motor agar lebih awet.