Tips Merawat Ban Dalam Sepeda Motor

MotorMagz.com – Merawat Ban Dalam Sepeda Motor. Kita mungkin pernah mengalami kejadian dimana tiba-tiba ban motor bocor, padahal kita merasa ban sepeda motor tidak terkena paku atau tidak menghantam lubang jalan tetapi ban motor kita bocor yang biasanya kita menyebutnya bocor halus atau bocor kecil.

Perlu kita ketahui bersama bahwa saat melakukan perjalan jauh otomatis ban motor akan terasa hangat atau bahkan hingga panas jika kita pegang, tergantung seberapa jauh kita berkendara dan cuaca yang berpengaruh terhadap suhu aspal. Hal inilah yang membuat sirkulasi udara didalagingguai dan bertambah panas.



Saat ban dalam mulai panas dan memuai, ban dalam akan semakin senstif terhadap benda tajam seperti paku, kerikil ataupun jalan yang rusak dan berlubang. Ban akan berpeluang semakin besar untuk bocor ataupun bahkan pecah. Sebenarnya ada tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga kestabilan suhu ban dalam dan mencegahnya agar tidak mudah untuk memuai.

Caranya cukup mudah. pertama yang harus anda lakukan adalah melepas pentil ban dalam kemudian berilah air ke bagian ban dalam. Langkahnya sebagai berikut, kempeskan dulu ban motor anda kemudian lepas pentil ban dalam dan masukan air kebagian dalam ban dengan menggunakan alat bantu sedotan atau sendok.

Air yang dimasukan pun tak perlu terlalu banyak, cukup 2 sendok makan untuk ban bagian depan dan 3 sendok makan untuk ban bagian belakang. Setelah air sudah dimasukan maka pasang kembali pentil ban anda dan pompa kembali ban motor anda dengan tekanan yang sesuai.



Source:

tips merawat ban dalam motor, merawat ban dalam, merawat ban dalam motor, perawatan ban dalam com, tips perawatan ban dalm motor