Modifikasi Yamaha R25 ‘Rasa R3’ Untuk Yamaha R-Cup

MotorMagz.com – Modifikasi Yamaha R25 ‘Rasa’ R3. Ajang Yamaha R-Cup Indonesia akan hadir sebagai ajang balap sepeda motor sport untuk meningkatkan kualitas pembalap nasional ke level yang lebih tinggi dari kelas bebek. Motor yang digunakan untuk mengikuti ajang Yamaha R-Cup ini adalah Yamaha R25, tetapi spesifikasinya harus ditingkatkan menjadi setara dengan Yamaha R3. Tentang kenapa harus standar spesifikasinya harus disetarakan dengan Yamaha R3, pihak Yamaha beralasan karena R3 menjadi patokan utntuk ajang balap di sejumlah negara.

Pihak Yamaha pun menjelaskan bahwa “rasa R3” bisa saja jadi tren di tim-tim Indonesia. Selain itu, upgrade ke R3 tidaklah begitu bahal jadi sangat efisien dari segi biaya.



“Saya pernah coba dengan R6, dengan banyak tim, wah itu biayanya besar sekali. Tim-tim pun sulit ya untuk mengikuti,” kata Muhammad Abidin, selaku GM Service Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Yamaha juga menjelaskan bahwa menggunakan motor standar yang dimodifikasi naik tinggkat ini karena negara di tempat mereka akan menurunkan pembalap Indonesia menggunakan motor standar balap dari mereka, sehingga peningkatan ke R3 ini bertujuan agar pembalap Indonesia sudah terbiasa dan tidak memutuhkan penyesuaian yang lama jika mengikuti balapan di negara dimana pembalap Indonesia akan diturunkan.

“Ada beberapa teman-teman luar yang sepertinya minta, kalau mau ikut, spesifikasinya harus sama, di beberapa negara yang mengekspor R3.”

Secara garis besarnya Yamaha R25 merupakan motor yang memiliki sistem injeksi dengan desain yang disebutnya sebagai downdraft. Sistem injeksi penyemprot bahan bakar ini terhubung secara vertikal menunjukan RPM tinggi. engan mesin mesin injeksi berkapasitas 250 cc dua silinder DOHV, Yamaha R25 mampu menghasilkan tenaga sebesar 26,5 kW (36 PS) dan lebih besar dibandingkan dengan motor sport di segmen yang sama.