Tips Menghindari Begal Motor Saat Berkendara Sendirian

MotorMagz.com – Tips Menghindari Begal Motor. Maraknya aksi begal akhir-akhir ini membuat kita harus berhati-hati saat berkendara khusus pada waktu malam hari dan sendirian, terlebih lagi saat melewati jalanan yang biasanya sepi dan gelap karena aksi begal biasanya beraksi di tempat seperti itu. Agar terhindar dari aksi begal begal motor Fahmi Arrandy seorang pengendara Yamaha Byson yang pada tahun 2013 lalu pernah mengalami aksi begal di daerah Pasuruan Jawa Timur akan berbagi tips berkendara agar terhindaar dari aksi begal di jalanan terutama untuk anda yang bisanya berkendara sendirian.

1. Kenali jalur yang akan anda lalui, terutama bagi anda yang melakukan perjalanan keluar kota melewati jalur yang belum kenal sebelumnya. Jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar terkait keamanan ketika melewati jalur tersebut.



2. Hindari jalanan yang lurus dan sepi. Jalanan yang lurus, panjang dan sepi membuat begal memiliki kesempatan yang besar untuk menggejar kita. sesekali berhenti disekitar warga sekitar atau kampung yang agak ramai, untuk menghindari kejaran begal yang mungkin tidak kita sadari sedang mengejar kita dari tadi.

3. Jangan menyimpan barang berharga di box motor/branket, sebaiknya simpan barang berharga anda pada tas yang bisa di bawa kemana-mana.

4. Jikalau sudah terjadi perampasan, berusahalah bersikap tenang dan segera perhatikan siapa diantara mereka yang membawa senjata tajam dan segera menghindari. Kenali dengan cepat ciri-ciri pelaku dan kendaraan yang dipakai pelaku.

pelaku begal motor

5. Saat Masuk jeratan pembegal, berusahalah menepi dan katakan “OK, saya menyerah”. Kemudian anda turun dari motor dengan berpura-pura terjatuh ketanah sambil mengenggam pasir atau debu, lempar pasir ke muka pelaku dari arah dagu ke arah kening dengan tujuan pembutaan sementara. Kemudian berlarilah ke arah warga untuk meminta pertolongan atau sebagai saksi.

6. Jika memang terpaksa terjadi perkelahian dengan pembegal, gunakan benda tajam atau benda lainnya seperti ballpoint untuk menusuk leher pelaku karena bagian leher biasanya tidak tertutupi.

7. Berdasarkan pengalaman Fahmi Arrandy, untuk anda yang berkendara diwilayah pasuruan sebaiknya menghindari jalan yang sepi dan usahan untuk tidak berkendara sendrian.

Semakin hari semakin nekat saja pelaku kejahatan, untuk itu anda harus tetap waspada dan berhati-hati. Semoga tips menghindari pembegal ini dapat bermanfaat.



Source:

tips menghindari begal di pasuruan