Ini Dia Penyebab Aki Cepat Tekor

MotorMagz.comPenyebab Aki Cepat Tekor/Soak. Bagi anda yang mengalami aki motor mulai lemah atau tekor padahal aki masih tergolong baru sebaiknya anda jangan cepat memvonis bahwa aki anda jelek atau sudah tidak layak pakai lagi. Sebaiknya anda mengecek dulu komponene yang berhubungan dengan aki dan sistem kelistrikan motor anda. Cepat tekornya aki motor bisa juga terjadi karena pemakaian aksesoris tertentu yang berlebihan, seperti bore-up, memakai klakson mobil ataupun model keong dan rangkaian lampu HID.

Stop lamp yang menyala terus juga menjadi penyebab aki cepat tekor, karena menyebabkan kiprok rusak dan alhasil aki pun cepat ngedrop. Berikut ini kami jabarkan tentang penyebab kenapa aki cepat tekor dan ngedrop. (Baca juga: Cara Setting Shock Belakang Yamaha YZF-R25 Agar Lebih Empuk)



1. Kiprok
Kiprok merupakan komponen yang berfungsi mengatur proses pengisian aki, jika komponen rusak otomatis akan berpengaruh langsung terhadap aki, aki akan menjad overcharge atau sebaliknya sehingga berakibat aki cepat tekor. Cara mengecek pengisian aki berjalan dengan normal atau tidak, nyalakan mesin dan nyalakan lampu utama, kemudan tarik gas sampai putaran mesin antara 4.000-5.000 RPM. Jika berjalan normal maka tegangan akan berada di kisaran 14-15 Volt, namun jika kiprok sudah mulai bermasalah maka teganganya akan berada dibawah 14 Volt atau diatas 15 Volt.

2. Klakson
Pemasangan klakson yang tidak standar seperti memakai klakson mobil pada motor membuat aki cepat tekor karena klakson mobil membutuhkan supalai tengangan yang besar, tips untuk anda yang memakai klakson mobil sebaiknya ditambahkan relay agar arus listrik lebih stabil

3. Lampu HID
Memang diakui lampu HID memiliki nyala yang lebih terang, namun HID juga membutuhkan suplai yang lebih besar. Kebanyakan pebengkel memasang lampu HID tanpa penyesuain spul pengisian, hal ini tentunya membuat aki cepat tekor

4 Stop Lamp
Stop lamp yang terus menyala membuat daya aki terus terkuras, terkadang kita sebagai pemilik motor tidak sadar sehingga aki cepat tekor. Stop lamp yang terus menyala mungkin terjadi karena penyetelan switch rem belakang yang berubah atau mungkin memang sudah rusak.

5. Bore-Up
Motor yang sudah pernah di bore-up tanpa melakukan upgrade pada spul dinamo starter membuat kompresi tinggi dan berakibat dinamo starter enggak kuat untuk starter karena dipakas terus, ini juga yang mengakibatkan aki cepat ngedrop.

Sepertinya sepele bro, tapi kalau hal semacam ini tidak diperhatikan nantinya akan merugikan kita sendiri. Apalagi sistem kelistrikan motor merupakan hal yang sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan kita selama berkendara. Untuk tips motor lainya kamu bisa cari menggunakan kotak pencarian di atas bro.



Source:

aki byson tekor, penyebab aki motor tekor, penyebab aki tekor, spul vixion rusak, penyebab aki soak, penyebab aki motor cepat habis, aki motor tekor, aki yamaha byson soak, penyebab aki motor soak, penyebab aki soak pada motor