Membedah Fitur Yamaha All New YZF-R1

MotorMagz.comFitur Yamaha All New YZF-R1. Beberapa hari yang lalu PT Yamaha Indonesia Motor Manaufacturing memamerkannya sekaligus meluncurkan All New YZF-R1 dan All New YZF-R1M pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Dua varian motor keluaran terbaru dari Yamaha ini dibandrol dengan harga yang begitu fantastis, berada diharga setengah milyar rupiah atau tepatnya harga YZF-R1 mencapai Rp. 495 juta, bahkan YZF-R1M dipatok dengan harga setengah milyar lebih atau tepatnya Rp. 645 juta.

Dari harga yang begitu fantastik, sebenarnya apa saja sih fitur dan teknologi yang disematkan dalam motor sport ini, juga seberapa besar performa yang disuguhkan All New YZF-R1 hingga mendapat julukan ‘High Tech Armed Pure Sport’.



Sesuai konsep awalnya, All New YZF-R1 mengadopsi teknologi tinggi MotoGP YZF-M1, dengan pengembangan mesin balap yang ringan dan mampu bekerja pada putaran yang tinggi. Pada sektor mesin, pengembangan difokuskan pada sisi efisiensi intake dan exhaust, penyempurnaan pembakaran, pengurangan gaya gesek, dan inersia mass yang menghasilkan output power 200 PS, dengan daya output power 200 PS berarti lebih tinggi 18 PS dari tipe sebelumnya. (Baca juga : Modifikasi Vespa Klasik Jadi Makin Modern dan Gaya Racing)

Motor Yamaha All New YZF-R1 GIIAS 2015

Selain itu, YZF-R1 juga menggunakan crossplane crankshaft, titanium fracture-split connecting rod, finger rocker arm, forged alumunium bridge-box piston. Guna crossplane crankshaft tidak lain untuk memudahkan kontrol power dan traksi New YZF-R1, khususnya saat cornering dan setelah cornering.

Dengan berat motor yang hanya 199 kg, tergolong ringan untuk sekelas motor moge. Bobot ringan ini karena New YZF-R1 menggunakan bahan titanium, magnesium, aluminium yang ringan pada beberapa komponen serta konstruksi frame aluminium delta box. Sehingga membuat Yamaha YZF-R1 mudah dikontrol dan juga cepat.

Sementara untuk YZF-R1M, suspensinya dirancang khusus oleh Ohlins, dengan dilengkapi fitur electronic racing suspension (ERS), sehingga memungkinkan YZF-R1M dapat setting sesuai kebutuhan untuk pendengalian dan manuver dijalanan. Selain itu, Yamaha YZF-R1M juga menawarkan sistem kontro linertial measurement unit (IMU), Sensor IMU adalah sensor untuk mendeteksi pergerakan motor secara 3 dimensi, tujuannya tidak lain untuk mendapatkan informasi posisi dan kondisi motor secara aktual.

All New Yamaha YZF-R1M GIIAS 2015

Yamaha Ride Control (YRC) system, sitem ini merupakan sistem kontrol yang adjustable untuk mengontrol pergerakan motor. YRC system terdiri fitur-fitur Power Delivery Mode (PWR), Traction Control System (TCS) , Slide Control System (SCS), Lift Control System (LCS), Launch Control System (LCS), dan Quick Shift System (QSS).
Speedometer menggunakan sistem digital instrument panel memiliki display Thin Film Transistor (TFT) liquid crystal dengan dua display mode, yaitu street display mode dan track display mode. Tampilannya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan pengendara, apakah motor digeber saat dijalanan atau sirkuit

Communication control unit (CCU) merupakan sistem yang menghubungkan pengendara dengan mesin motor, memiliki fungsi untuk mensetting motor sesuai kebutuhan pengendara, kerennya sistem CCU dapat disetting menggunakan smartphone.

Dengan sisitem kontrol ini pengendara dapat merasakan sensasi balap secara maksimal dan juga memungkinkan pengendara dapat berbelok dengan sudut kemiringan yang cukup tinggi.



Source:

fitur fitur yamaha r1m, fitur yamaha r1, Fitur fitur r1m, fitur terbaru dari yzf r1, fungsi di speedometer yamaha r1, harga speedometer r1 f1, speedometer yamaha r1m