Cara Mengganti Air Radiator Honda Vario Agar Mesin Mulus

MotorMagz.comCara Menganti Air Radiator Honda Vario. Radiator motor merupakan komponen penting, namun sering kali terabaikan. Didalam radiator pasti terdapat air sebagai media untuk mendinginkan mesin. Jika mesin motor cepat panas atau bahkan sampai overheat (keadaan dimana mesin tiba-tiba mati karena terlalu panas) kemungkinan air radiator berkurang. Air radiator berkurang disebabkan karena proses penguapan, akibat dari terkena panas mesin motor. Salah satu motor yang mengunakan sistem berpendingin air atau radiator adalah Honda Vario, berikut cara mengganti air radiator Honda Vario sekaligus cara cek air radiator Honda Vario agar mesin tetap mulus.

Kebanyakan para biker malas atau lupa mengecek volume cairan air radiator, padahal sebenarnya cukup mudah untuk cek air radiatornya. Volume air radiator dapat dilihat melalui lubang reservoir yang terletak disebelah kanan body, dari pabrikan sudah di desain dengan rongga-rongga agar pemilik motor mudah untuk melakukan pengecekan sendiri. (baca juga: Tips Memilih Spion Motor Yang Benar)



Saat cek air radiator, pastikan indikator air benar-benar sejajar dengan tanda ‘upper’ karena itulah batas dimana volume air radiator masih normal. Namun jika air radiator berada di tanda ‘lower’, berarti air radiator saatnyaditambah agar mesin motor tidak overheat. Selain air radiator yang harus ditambahkan jika sudah berada ditanda ‘lower’, air radiator juga harus diganti jika motor sudah berjalan diatas 10.000 km.

Untuk cara menganti air radiator cukup mudah, anda bisa mennganti air radiator sendiri dirumah. Pertama-tama anda harus menyediakan air radiator khusus Honda Vario dari Honda Genuine Coolent, anda dapat dengan mudah mendapatkan di bengkel resmi Honda atau bengkel langganan anda. Setelah anda sudah menyiapkan air radiator Honda Genuine Coolent, buka tutup radiator motor dibagian bawah, seperti yang ada digambar dibawah ini.

air radiator motor matic honda vario
Tunggu sampai air radiator lama keluar semua atau lebih bagus anda semprot menggunakan angin dari kompressor melalu tutup untuk memasukan air radiator agar air radiator yang lama dan juga kotoran yang mengendap dapat keluar sehingga radiator motor menjadi bersih kembali. Setelah benar-benar habis dan bersih, tutup kembali lubang pembuangan air radiator dan tuang air radiator baru namun cukup separuh saja kemudian tutup rapat tabung reservoir.

Selanjutnya setengah air radiator sisa tadi tungkan di tabung yang terletak dibawah jok. Kemudian periksa indikator air radiator, pastikan sudah berada di tanda ‘upper’. Jangan lupa untuk memasang kembali bagian body motor.



Source:

air radiator vario, air radiator motor, cara mengganti air radiator vario 110, harga air radiator vario 150, air radiator vario 110, radiator vario, cara mengganti air radiator vario, air radiator motor vario, cara ganti air radiator vario, harga air radiator vario