Modifikasi Yamaha YZF-R25, Tingkatkan Performa Mesin Dengan Blok R3

Modifikasi Yamaha YZF-R25. Sekilas Memang nampak seperti YZF-R25 standar dengan perubahan hanya terlihat pada bagian sepatbor dan knalpot saja, namun dibalik itu semua tersimpan sebuah performa mesin yang luar biasa. Yups, Yamaha YZF-R25 milik Tomy Santoso ini memang sengaja dimodif khusus untuk meningkatkan performa mesin saja. Dia mengaku kalau performa standar motor sport ini dirasa kurang memuaskan, oleh karena itu diupgrade-lah bagian performanya. Untuk mendapatkan tenaga mesin lebih dari standarnya, Tomy Santoso menganti satu paket blok, piston dan cylinder head YZF-R25 dengan blok, piston dan cylinder head miliik Yamaha YZF-R3. Alhasil kemampuan mesin pun meningkat hingga mampu meledakan tenaga on wheel-nya mencapai 45 dk dan torsi 28 Nm.

Pergantian blok, piston dan cylinder head memang harus satu paket, tidak bisa hanya blok dan pistonnya saja karena jalur airnya berbeda. Bagusnya komponen R3 bisa langsung dipakai di R25 karena kedua motor ini menggunakan sasis mesin yang sama, jadi tidak perlu dirombak lagi dalaman mesin R25.



Meskipun memiliki ukuran komponen yang sama, namun keduanya memiliki kapasitas piston yang berbeda. YZF-R25 memiliki piston 60 mm kapasitas 250 cc, sedangkan R3 321 cc dengan seher 68 mm. Namun bukannya tanpa kendala, ternyata rasio kompresi piston R3 berbeda dengan standar R25. Kompresi Yamaha R3 hanya 11,2:1, sedangkan kompresi Yamaha R25 11,6:1. Untuk mengatasi itu, dipilihlah piston Wiseco milik Honda CBR600RR agar kompresinya naik, hingga akhirnya kompresinya menjadi 11,8:1.

Selain itu, cylinder head R3 yang sudah terpasang tadi juga dilengkapi dengan klep yang lebih besar, tujuannya tidak lain agar udara yang masuk lebih banyak. Bagian throttle body R25 juga dilebarkan dari aslinya yang hanya 32 mm sekarang menjadi 34 mm. Sektor buangan gas emisi menggunakan knalpot berwarna hitam dengan dimensi yang lebih pendek.

Berikut data modifikasi motor Yamaha YZF-R25 milik Tomy:

Piston: Wiseco CBR600RR
Silinder: Yamaha YZF-R3
Kepala silinder: Yamaha YZF-R3
Velocity stack: Custom
Piggyback: Power Commander V
Busi: NGK CR10EK
Knalpot: Hitman
Radiator: Aftermarket
Rumah kopling: SYS
Gas spontan: Active
Slang rem: Hel

Modifikasi Motor Yamaha ini menghabiskan biaya sekitar Rp 60 juta, WOW!. Dengan kemampuan yang melonjak cukup fantastis, dapat dibilang sepadan dengan yang dikeluarkan untuk memodifikasi motor sport keren ini. Baca juga Kawasaki ZX-10R Terbaru Akan Launching Bulan DepanModifikasi Yamaha Jupiter MX King 150 Custom “Jadi” M1 dan Cara Mudah Menambal Tangki Motor Bocor.



Source:

cbr1000rr modifikasi, modifikasi mesin yamaha r25, ukuran throttle body r3, r25 cafe racer, r 25 modif mesin, piston yzf R25, modif r25 jadi r3, meningkatkan performa r25, velocity karbu standar ninja rr, jupiter blok kop satria