Tips Cara Mudah Mencuci Dan Membersihkan Radiator Motor Dengan Radiator Flush

Cara Menguras Air Radiator Motor. Sebaiknya radiator selalu dicek dan diganti airnya secara berkala sesuai petunjuk yang tertera pada buku perawatan motor. Banyak para biker yang menyepelekan perawatan radiator dan menganggap tidak terlalu penting karena hanya sebagai pendingin biasa, padahal kenyataanya radiator sangatlah penting untuk menjaga temperatur mesin agar tidak sampai overhead. Radiator yang kotor memyebabkan sirkulasi water coolant tidak normal, membuat temperatur mesin cepat panas dan akhirnya overhead.

Sebenarnya cara mengecek kondisi radiator tidaklah sulit, cukup dengan membuka tutup radiator dan cek kualitas air radiator. Air radiator terlihat jernih menandakan radiator masih bagus dan tidak banyak kotoran, sebaliknya jika air radiator terlihat keruh dan kecoklatan dapat dipastikan radiator motor anda kotor dan memerlukan perawatan dan pergantian air radiator. (baca juga: Supermoto Keren Husqvarna FS450, Detail dan Spesifikasi)



Servis radiator tidak harus di bengkel, anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Untuk hasil yang lebih maksimal saat menguras radiator anda dapat menambahkan radiator flush, cairan ini berfungsi untuk mengangkat kotoran yang menempel didalam radiator. Selain itu, radiator flush juga mampu menetralisir kadar asam dan menetralisir residu minyak.

Sebenarnya radiator flush dikhususkan untuk radiator mobil, namun tidak masalah jika dipakai membersihkan radiator motor. Cairan radiator flush biasanya tersedia dalam kemasan 500 ml, sedangkan untuk pemakaian motor hanya memerlukan 100 ml saja.

Sebagai contoh kami menggunakan Honda CBR250R 2013 untuk tutorial membersihkan radiator kali ini. Tahapan membersihkan radiator motor menggunakan cairan radiator flush sebagai berikut, mari ikut langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Pertama-tama kondisi mesin motor harus dingin, buang air radiator dengan cara membuka baut pembuangan air radiator menggunakan kunci yang sesuai dan pasang kembali baut pembuangan.

2. Setelah itu isi radiator dengan air bersih (aquades) dan cairan radiator flush sebanyak 100 ml saja, kemudian tutup kembali radiatornya.

3. Nyalakan mesin anda selama 30 menit, gunakan stopwatch atau jam untuk mengukur waktunya. Kemudian matikan mesin dan tunggu sampai mesin dingin kembali, setelah mesin dingin buang kembali cairan radiator.

4. Air radiator yang keluar menjadi keruh menandakan kotoran yang menempel didalam radiator ikut larut bersama air. Agar semua kotoran ikut keluar bersama air, buka slang besar di radiator dan tutup lubang yang ada di radiator. Nyalakan mesin dan isi kembali radiator dengan air bersih (aquades) terus menerus sampai cairan yang keluar dari slang radiator terlihat jernih dan bersih. Selesai!

Anda tidak perlu memusingkan cara mendapatkan cairan radiator flush karena anda dapat dengan mudah menemukanya dibengkel-bengkel kesayangan anda. Dipasaran banyak beredar cairan radiator flush dengan berbagai merek seperti Micrologic Premium 143, Prestone, Master dan masih banyak lagi.



Source:

cara membersihkan radiator motor, cara membersihkan radiator ninja r, cara membersihkan radiator jupiter mx, cara membersihkan radiator vixion, cara membersihkan radiator ninja rr, cara membersihkan radiator motor vixion, cara mencuci radiator motor, Membersihkan radiator motor, cara membersihkan radiator ninja, cara menguras radiator motor