Cara Mengatasi Radiator Motor Bocor

MotorMagz.com – Cara Mudah Mengatasi Radiator Bocor. Saat sedang mengendarai motor ke kantor atau saat dalam perjalanan jauh tiba-tiba lampu indikator menyala yang menandakan mesin overhat. Jika sampai mesin motor overheat jangan paksa motor jalan terus karena berbahaya, juga bisa membuat mesin motor jebol karena mesin terlalu panas. Anda jangan bingug dulu jika motor anda overheat, periksalah air radiator motor anda. Salah satu penyebab overheat mesin motor adalah air radiator yang berkurang, jika anda merasa baru menambahkan air radiator tapi cepat berkurang itu bisa jadi karena radiator bocor. Tanda-tanda radiator bocor memang kadang tidak terlihat jelas karena bisa jadi kisi-kisi radiator ada yang ‘corlus’ atau radiator bocor halus.

Salah satu penyebab radiator bocor  karena loncatan krikil-krikil tajam saat kita berkendara tepat mengenai jalur air radiator. Selain itu, korosi atau karatan juga bisa menjadi penyebab radiator bocor. Jika radiator bocor pastinya sedikit demi sedikit air radiator akan berkurang dan mesin motor menjadi mudah overheat saat berkendara. (baca juga: Tips Cara Mudah Mencuci Dan Membersihkan Radiator Motor Dengan Radiator Flush)



Ada cara mudah dan praktis untuk mengatasi radiator motor bocor, salah satunya adalah dengan menggunakan lem besi. Kenapa lebih praktis? tentunya karena tanpa harus repot-repot melepas radiator. Lem besi untuk menambal radiator yang cukup umum dipakai adalah lem besi merek Dextone.

Cara menambal radiator bocor menggunakan lem besi cukup mudah, caranya isi radiator dengan air bersih (aquades) saat kondisi dingin. Setelah itu perhatikan semua kisi-kisi radiator jika ada yang bocor maka akan kelihatan rembesan air. Jika sudah kelihatan yang bocor baru dilem. Biaya menambal radiator bocor di bengkel sekitar Rp 100 – 150 ribu.

Jika anda mengalami situasi darurat, anda dapat menggunakan radiator sealer seperti STP Radiator Sealer atau Tunap Micrologic Premium 142 atau Prestone Cooling System Super Sealer. Cara menggunakannya pun cukup mudah, cairan kimia ini langsung campurkan saja ke dalam radiator. Cairan kimia ini akan dengan sendirinya menutup lubang radiator penyebab kebocoran, seperti bocor halus dan bocor permanen. Dipasaran harga Tunup sekitar Rp 80 ribu untuk kemasan botol berukuran 300 ml.

Cara Menambal Radiator Bocor:

1. Tutup Lubang yang bocor menggunakan lem besi. Cara menemukan bagian radiator yang bocor dapat dilakukan dengan mengisi radiator dengan air bersih atau menggunakan tekanan air

2. Cara menggunakan cairan kimia ini, pertama-tama kocok dahulu kemudian tuang cairan tersebut kedalam radiator yang sudah berisi air sebanyak 100 ml.

3. Kemudian nyalakan mesin, biarkan langsam saja beberapa saat. Hal ini ditujukan agar chemical dapat bersikulasi, sehingga partikel-partikelnya dapat menutupi lubang radiator yang bocor. Jika kedapatan masih ada yang bocor, tambahkan saja chemical sedikit demi sedikit sampai tidak ada lubang bocor pada radiator.

Chemical ini dapat digunakan untuk mengatasi kebocoran pada radiator motor maupun radiator mobil karena pada dasarnya radiator motor dan radiator mobil itu sama saja. Fungsi untuk menyeka kebocoran radiator dengan lubang tak lebih dari 1 mm dengan kemapuan untuk menahan kebocoran 1-2 bulan. Air radiator boleh dikuras namun saat kita servis di tukang radiator. Begitulah penjelasan yang kami peroleh dari Gamaliel Sentosa, Bussines Consultant PT Tunap Indonesia, selaku distributor produk Tunap di Tanah Air.



Source:

cara mengatasi radiator jupiter mx bocor, radiator vixion bocor, radiator mx bocor, radiator motor bocor, radiator cb150r bocor, air radiator ninja r bocor, radiator vario 110 bocor, radiator ninja r bocor, air radiator vixion bocor, Servis radiator motor