Biaya Servis Dan Harga Spare Part Honda BeAT PGM-FI

Harga Spare Part Honda BeAT PGM-FI. Skutik Honda memang cukup banyak pengemarnya, penjualan tiap bulan bisa mencapai angka 120 2ibu unit. Bagi anda yang memiliki Honda BeAT PGM-FI dirumah, sebaiknnya rajin servis berkala agar motor tetap enak dikendarai dan awet. Jika Honda BeAT anda sudah berumur 2 tahun tentunya ada beberapa komponen yang harus diganti. Agar anda lebih tau tentang komponen apa saja yang harus diservis dan harus diganti, redaksi motormagz.com akan memberikan tips khusus servis Honda BeAT anda.

Menurut buku pedoman perawatan berkala Honda BeAT, jika sudah melampau 4.000 km atau 4 bulan pemakaian motor skutik anda wajib ganti oli mesin dan diservis. Saat di bengkel resmi Honda pastikan 24 item pada motor anda tidak terlewatkan saat servis. 24 item tersebut meliputi, filter bensin, cara kerja selongsong gas di tangan, filter udara, pernafasan crankcase, busi, jarak renggang klep, oli mesin, saringan kasa oli mesin, putaran stasioner, belt CVT, oli transmisi, minyak rem, keausan kampas rem, sistem rem secara keseluruhan, switch lampu rem, cara kerja brake lock, arah sinar lampu, keausan kampas kopling, standar samping, suspensi, baut dan mur, roda dan ban juga yang terakhir adalah bearing kepala kemudi. (Baca juga: Daftar Harga Spare Part Kawasaki Ninja 150R, Tiap 3 Tahun Wajib Ganti Komponen Ini Bro!)



Proses pengecekan motor juga meliputi pemeriksaan saluran bensin, pastikan tidak ada kebocoran pada saluran bahan bakar dan alirannya minum adalah 98 cm3/detik. Dengan jarak bebesa slongsong gas ada di 2-6 mm. Celah busi yang direkomendasikan CPR9EA-9 (NGK) / U27EPR9 (Denso) pastikan selalu berada pada 0,8-0,9 mm.

Klep in dan ex juga harus diperiksa, dengan kerenggangan klep in dan ex 0,16 mm ± 0,02 mm. Jika terdapat komponen yang sudah aus, maka disebaiknya harus segera diganti baru.

Harga Spare Part Honda BeAT PGM-FI

Selain itu, pemeriksaan yang tak kalah penting lainnya adalah filter udara atau saringan udara. Jika anda tinggal didaerah berdebu atau basah sebaiknya filter udara dibersihkan lebih sering. Jika jarak tempuh motor sudah mencapai 16.000 km filter udara wajib diganti, bahkan jika sebelum jarak tempuh tersebut filter sudah kotor sekali maka sebaiknya diganti lebih cepat dari jadwal pergantian.

Oli mesin dan oli transmisi jangan sampai telat diganti. Oli mesin Honda BeAT sebaiknya diganti setiap kali servis atau jika jarak tempu motor sudah mencapai 4.000 km. Sedangkan oli transmisi harus diganti setiap 8.000 km.

Perhatikan kerenggangan busi, jika sudah mencapai 8.000 km sebaiknya diganti meskipun terlihat masih bagus. Komsir Honda BeAT PGM-FI juga sering dikeluhkan penggunannya karena kerap oblak, jika harus diganti satu set biayanya sekitar Rp 150 ribu.

Berikut kami sajikan daftar harga spare part Honda BeAT PGM-FI dan acuan komponen yang harus diganti saat motor berusia satu tahun, dua tahun dan tiga tahun:

Oli mesin : Rp 40 ribu
Oli transmisi : Rp 12 ribu
Minyak rem : Rp 7000
V-belt : Rp 135 ribu
Per CVT : Rp 26 ribu
Kampas ganda : Rp 123 ribu
Kampas rem depan-blkg : Rp 49 ribu & Rp 45 ribu
Injector cleaner : Rp 30 ribu
Filter udara : Rp 45 ribu
Busi : Rp 22 ribu
Oli sok depan : Rp 23 ribu
Komstir+pasang : Rp 150 ribu
Jasa servis : Rp 65 ribu
Sumber: AHASS Bintang Motor Jaya : 021-7530473

1 tahun / 12.000 km
Tahun pertama pemakaian motor Honda BeAT belum banyak komponen yang harus diganti karena motor masih termasuk baru dan komponen belum ada yang harus diganti. Jika ada komponen yang perlu diganti, itu mungkin hanya busi dan oli mesin. Selebihnya hanya pemeriksaan standar.

2 tahun / 24.000 km
Honda BeAT berusia 2 tahun, ada 4 komponen yang harus diganti. 4 komponen tersebut antara lain busi, oli mesin, drive belt dan oli transmisi. Perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk keempat komponen tersebut sebesar Rp 209 ribu, itu diluar biaya servis.

3 tahun / 32.000 km
Pada Honda BeAT yang sudah berusia 3 tahun hanya memerlukan pergantian oli mesin karena komponen yang lain sudah dilakukan pergantian sesuai buku panduan servis berkala.

Nah itu tadi yang perlu anda perhatikan sebagai pemilik Honda BeAT PGM-FI. Sebaiknya anda rajin servis motor dan segera ganti komponen yang harus diganti sesuai buku pedoman servis. Selain untuk mengetahui kerusakan dini, motor anda juga terhindar dari kerusakan parah akibat merembetnya komponen rusak yang tidak diketahui, dan tentunya untuk mendapatkan performa motor yang prima setiap kali dikendarai.



Source:

harga v belt beat injeksi, Harga komstir beat, harga vanbelt beat fi, harga cvt honda beat, harga v belt beat fi, harga komstir honda beat, harga sparepart honda beat pgm fi, harga vanbelt beat fi original, harga komstir beat fi, harga cvt beat