Diam-Diam Benelli Menularkan Virus Ke Triumph, MV Agusta Dan Yamaha

Mesin Tiga Silinder Benelli Menjadi Contoh Banyak Moge. Hadirnya Yamaha MT-09 yang mengusung mesin tiga silinder sempat membuat pengamat otomotif bertanya-tanya, karena moge biasanya identik dengan silinder berjumlah genap untuk tabung kompresi bahan bakar. Namun nyatanya Yamaha MT-09 hadir dengan mesin tiga silinder yang justru menjadi keunggulannya, hingga menjadi nama dari motor terbaru ini yakni MT (master of torque).

Yamaha Indonesia bahkan mengkalim dengan mesin tiga silinder, tarikan Yamaha MT-09 lebih mantap bahkan mampu membuat roda depannya terangkat (standing) pada gigi tiga. (baca juga: Biaya Servis Dan Harga Spare Part Honda BeAT PGM-FI)



Namun dari pihak Benelli mengklaim bahwa apa yang diaplikasikan pada Yamaha MT-09 merupakan virus yang ditularkan dari motor mereka. Bahkan pihak Benelli mengklaim bahwa produk motor mereka yang pertama menggunakan mesin tiga silinder yang kemudian diikuti oleh para kompetitor mereka seperti Triumph, MV Agusta dan yang terakhir Yamaha.

“Ini diikutin teman kita, Triumph, MV Agusta, terakhir Yamaha ikut, MT-09. Kalau kita benar-benar browsing, founder tiga silinder ya dia (Benelli),” terang Bapak Steven Kentjana Putra selaku Direktur PT Benelli Motor Indonesia.

Perlu kita ketahui, yang dimaksud motor moge Benelli yang sudah menggunakan mesin tiga silinder adalah Benelli TNT 1130 Cafe Racer dan Benelli TNT 899. Penggunaan mesin tiga silinder bertujuan untuk menaikan tenaga motor secara kontinu,

“Ini tiga silinder, yang lain genap, 2 silinder, 4 silinder. Bayangannya gini, (gerak) 120 derajat bagi tiga piston, jadinya naik terus,” lanjut Bapak Steven Kentjana Putra.

Semuanya tentu punya kelebihan dan kekurang masing-masing. Mengutip dari Bapak Steven dikesempatan yang lain beliau pernah mengatakan didunia ini tidak ada yang sempurna pasti ada kelebihan dan kekurangan.

Jadi pilihan akhir tentunya ada di konsumen, konsumen juga harus bijak dalam memlih kendaraan. Selain sebagai gaya hidup, pemilihan tunggangan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan harian. Jangan sampai pengen gaya tapi malah mati gaya.



Source:

harga sparepart benelli, pergerakan piston mv agusta