Modifikasi Paha Rem Motor Skutik, Agar Rem Lebih Pakem

Modifikasi Paha Rem Motor Skutik. Banyak keluhan dari pemilik motor skutik tentang rem belakang motor yang terasa kurang pakem, atau harus menekan tuas rem belakang lebih kuat agar rem bisa ‘mengigit’. Salah satu solusi untuk mendapatkan rem motor kembali pakem adalah dengan cara mengganti paha rem dengan ukuran yang lebih panjang, paha rem bisa dimodifikasi atau disubtitusi dari merek motor lain.

“Pada dasarnya bila pengungkit atau tuas lebih panjang, maka tidak membutuhkan tenaga lebih untuk menekannya. Paha rem yang lebih panjang akan membuat pengereman semakin empuk dan pakem,” begitulah penjelasan dari salah satu pemilik bengkel di Kawasan Pondok Gede – Jakarta, Fajar Jaya Sukmana namanya.



Dalam contoh kali ini, Fajar akan memberikan contoh pergantian paha rem pada motor Suzuki Skywave. Untuk paha rem Suzuki Skywave bisa diganti atau disubtitusikan dengan milik Yamaha Mio. Harganya pun tidaklah mahal, cukup dengan harga Rp 14 ribu anda sudah bisa membawanya pulang . Anda dapt mendapatkan di bengkel resmi Yamaha. (baca juga: Ini Dia Motor Yang Enak Buat Touring!)

Paha rem Yamaha Mio dapat disubtitusikan dengan milik Suzuki Skywave karena keduanya mempunyai gerigi as yang sama, tetapi ukurannya lebih panjang dari pada punya Skywave. Untuk menganti paha rem ini, anda membutuhkan kunci L 6, T 10, T 12, T 14, dan ring 22.

Berikut cara pergantian paha rem motor skutik Suzuki Skywave:

1. Pertama anda harus melepas silencer knalpot menggunakan kunci T 12 dan L 6

2. Kemudian lepas swing arm serta as roda dengan kunci T 12, T 14, dan ring 22. Lepas juga kampas rem-nya ya.

3. Setelah pelek sudah terlepas dan kampas rem sudah tercabut, lepaskan paha rem milik Skywave mengguanakan kunci T 10. Setelah itu pasang paha rem Mio yang sudah disiapkan tadi.

Untuk cara pemasangan komponen yang dilepas tadi, anda cukup melakukannya dengan cara terbalik dari tutorial diatas.

Setelah pergantian paha rem dan semuannya sudah terpasang sempurna, tinggal anda mencobanya. Pergantian paha rem ini akan membuat tarikan tuas rem menjadi ringan namun rem belakang tetap pakem.



Source:

cara pasang paha rem matic, rem belakang vario kurang pakem, agar rem belakang mio pakem, rem belakang motor matic tidak pakem, rem belakang suzuki skywave kurang pakem, rem belakang vario 125 kurang pakem, rem vario 125 kurang pakem, Paha rem mio, cara pasang paha rem beat, paha rem