Cara Merawat Ban Tubeless Agar Lebih Awet

Cara Merawat Ban Tubeless Agar Lebih Awet – Ban merupakan komponen penting sepeda motor, performa motor yang maksimal tidak akan pernah didapat jika tanpa adanya dukungan kualitas ban yang bagus karena ban berhubungan dengan laju motor. Beberapa tahun belakangan ini pilihan penggunaan ban tubeless untuk kendaraan sudah sangat lumrah. Motor keluaran terbaru saat ini pada umumnya sudah dibekali dengan jenis ban tubeless. Ban tubeless yang merupakan jenis ban tanpa karet dalam dipercaya memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan jenis ban biasa (tube type) atau jenis ban yang masih menggunakan ban karet dalam.

Ban Tubeless yang tidak menggunakan ban dalam pastinya memiliki struktur yang berbeda degan jenis ban biasa. Setiap masing – masing jenis ban tentunya memiliki cara khusus tersendiri untuk merawat ban agar mampu bekerja secara maksimal dan memiliki masa pemakaian yang panjang atau awet. Oleh karena itu alangkah baiknya jika kita mengetahui cara merawat ban supaya kita mendapatkan ban motor yang awet dan performa motor yang maksimal

Berdasarkan informasi yang berhasil didapat dari saudara Supri selaku Mekanik SuperBan dari salah satu bengkel di daerah Jakarta Pusat yang melayani pergantian ban menjelaskan bahwa semua jenis ban membutuhkan perawatan. Khusus untuk sepeda motor, paling penting adalah perawatan dengan menjaga tekanan angin ban. Untuk motor jenis matic yang memakai ban tubeless ban dianjurkan memiliki tekanan ban depannya 30 Psi dan tekanan ban belakang 35 Psi. Jika ban kekurangan tekanan angin makan akan menyebabkan terjadi beberapa hal berikut:

“Kalau tekanan angin kurang bisa menyebabkan ban cepat rusak karena hampir semua telapak ban melakukan gesekan dengan aspal, dan membuat ban menjadi cepat panas,” tambahnya.

cara merawat ban tubeless - kelebihan ban tubeless - gambar ban tubeless

Supri juga menuturkan jika ban tubeless mengalami kebocoran karena tertusuk benda tajam, naka tidak disaranakan untuk ditambal menggunakan lem karena cairan lem akan menyebar dan akan merusak permukaan ban Selanjutnya jika anda mengingikan agar ban tubeless awet, jangan malas untuk melakukan pemeriksaan secara rutin dan hindari membawa beban berlebihan saat berkendara.

Jika ban tubeless bawaan motor anda sudah mulai tipis dan ingin menganti ban tubeless baru dengan merek ban yang lain, kami sarankan untuk mengetahui terlebih dahulu tentang merk ban tubeless yang akan beli dan jangan asal pilihan ban dengan harga murah saja. Kualitas ban yang bagus tentunya akan sangat berpengaruh degan performa motor anda. Demikian cara merawat ban tubeless yang dapat kami sajikan semoga dapat bermanfaat untuk anda. Baca juga Cara Membedakan Busi Motor Asli dan Palsu dan Harga Velg Motor Merk Did 2018

Source:

harga ban fdr pro 80/80-17