Cara Merawat Aki Basah. Hindari penyebab aki meledak!

Cara Merawat Aki Basah, Lupa Isi Air Aki Bisa Menyebabkan Aki Meledak – Aki Merupakan komponen kelistrikan motor yang sangat penting, selain fungsinya yang sangat penting di dalam kendaraan bermotor, aki juga bisa menjadi berbahaya bagi anda dan motor anda jika tidak dirawat secara berkala. Memperhatikan kondisi aki secara berkala menjadi hal yang penting untuk menghidari terjadinya ledakan pada kendaraan anda. Selain saat dipasang dikendaraan, aki juga perlu diperhatikan saat akan diisi ulang dayanya atau recharging. Aki basah tentunya memerlukan perawatan dan perlakuan berbeda dengan aki kering, aki basah membutuhkan isi ulang air aki dan perlu diisi ulang dayanya jika sudah melemah.

Sebelum anda melakukan isi ulang aki basah, anda harus memperhatikan jumlah atau volume air aki dalam jumlah yang cukup. Jika aki diisi ulang daya dalam keadaan kekurangan air aki, hal ini dapat menyebabkan terjadinya kebakaran aki atau ledakan aki saat disetrum daya. Jika sampai aki meledak tentunya akan berbaya bagi anda sendiri dan orang lain disekitar anda. Dengan memperhatiakn jumlah air aki yang tersedia dalam aki anda berarti anda juga sudah melakukan salah satu hal untuk merawat aki basah agar tetap prima.

Menurut keterangan dari President Director Furukawa Battery Indonesia, Andreas Dhanu Sugih. Ledakan dari dalam aki karena kurangnya air aki saat pengisian menjadi hal yang sulit di hindari. “Umumnya yang tidak bisa dihindari adalah ledakan dari dalam. Contoh sekarang kamu baterainya kering, lupa diisi air, konsekuensi kalau lupa isi air kan dia waktu dipakai jadi panas,” kata Andreas

Tips-Merawat-Aki-Motor-Agar-Tetap-awet dan menghindari aki meledak

“Disetrum, begitu disetrum yang nggak diisi air kan dia dapat panas lebih banyak daripada yang ada airnya kan, panas itu yang menyebabkan tekanan lebih besar.

“Tekanan yang lebih besar itu yang menyebabkan ledakan dari dalam.”

Tetapi anda juga tidak boleh mengisi air aki melebihi kapasitas yang dianjurkan atau melebihi batas yang sudah tertera di aki tersebut. Jika anda mengisi air aki melebihi kapasitas saat pengisian daya hal ini akan menyebabkan pengapuran aki. Reaksi ini akan memperpendek umuar aki  dan membuat kinerja aki menjadi tidak maksimal.

Demikian informasi Cara Merawat Aki Basah yang dapat motormagz.com sajikan, selalu ingat untuk tidak menyepelekan peran aki bagi motor anda, periksalah kondisi aki secara berkala untuk mendapatkan performa aki yang selalu prima. Sekali lagi kami ingatkan untuk Merawat Aki Basah, Lupa Isi Air Aki Bisa Menyebabkan Aki Meledak atau terbakar. Semoga tips seputar motor ini bermanfaat untuk anda, sampai jumpa dengan tips dan trik otomotif selanjutnya. Baca juga Cara Merawat Ban Tubeless Agar Lebih Awet dan  Cara Membedakan Busi Motor Asli dan Palsu Wajib Anda Ketahui