Waktu Tepat Mengganti Minyak Rem Motor

Waktu Tepat Mengganti Minyak Rem Motor – Sistem pengereman merupakan salah satu rangkaian keselamatan pada motor yang memiliki fungsi sangat vital. Rem motor berhubungan langsung dengan keselamatan pengendara, rem yang berkerja maksimal tentunya menjadi idaman semua pemilik motor demi menjaga keselamatan selama berkendara, baik itu anda sebagai pengendara yang menyukai kecepatan atau tidak sistem pengereman yang maksimal wajib dimiliki setiap kendaraan bermotor. Sistem pengereman terdiri dari berbagai komponen yang membutuhkan perhatian ekstra dan berkala agar fungsi dari rem tetap berfungsi secara optimal.

Komponen – komponen sistem pengereman ada yang harus diganti secara berkala ada pula yang tidak perlu diganti. Akan tetapi semua komponen harus tetap mendapatkan perhatian dari anda mulai dari brake pad alias kampas rem hingga kontrol viskositas minyak rem. Pada kesempatan kali ini situs berita motor motormagz.com akan membahas tetang kapan waktu yang tepat untuk menganti minyak rem. Fungsi minyak rem adalah sebagai pelumas komponen logam yang bergesekan untuk menghentikan laju kendaraan saat melaju agar tahan panas dan tidak mudah aus.

Seiring pemakaian kendaraan yang lama tentunya volume minyak rem juga akan bekurang, cara mengetahui volume minyak rem yang berkurang anda dapat melihatnya melalui tabung minyak rem pada master rem atau jika saat pengereman handle rem terasa keras kemungkinan volume minyak rem sudah berkurang. Jika sampai minyak rem habis hal ini akan menyebabkan piston kaliper tidak bekerja secara optimal dan dapat menyebabkan komponen rem lainnya berkarat karena kehabisan minyak rem.

Menurut saudara Budi, selaku mekanik Bumen Jaya Motor menjelaskan, minyak rem umumnya tidak habis tapi hanya berkurang, namun berkurangnya bukan karena terjadi penguapan, menurut Budi, berkurangnya minyak rem bisa disebabkan karena kampas rem sudah mulai menipis.

“Kalau habis sih jarang ya, paling hanya berkurang saja itu karena kampas rem sudah menipis. Karena pada saat kampas rem sudah menipis, piston kaliper akan mendorong lebih dalam, tapi jika kampas rem diganti baru dia akan kembali normal,” terang Budi

cara mengganti minyak rem motor - waktu yang tepat menganti minyak rem

Namun juka anda sudah mengganti kampas rem tapi minyak rema masih terus berkurang sebaiknya ada periksa beberapa bagian komponen rem mungkin ada komponen yang sudah tidak bagus lagi dan perlu segera diganti seperi sil kaliper yang sudah bocor.

“Kalau misalnya rem sudah diganti baru tapi volume minyak rem terus berkurang, bisa saja sil pada kaliper ada yang bocor, atau bagian selang ada yang bocor,” ungkapnya.

Budi juga menyarankan jika akan menganti minyak rem, ada baiknya mengikuti buku panduan resmi motor, yakni setelah jarak tempu 20.000 km.

“Saya sarankan ikuti buku panduannya, setahu saya minyak rem diganti setelah menempuh jarak 20 ribu kilometer, tapi saya tidak berpatokan pada jarak tempuh saja, jika rem sering digunakan dan mulai terasa tidak nyaman, sebaiknya segera dicek bagian kaliper atau sil kaliper dan dilakukan penggantian,” saran Budi.

Sistem pengereman yang bagus tentunya membuat berkendara terasa lebih aman dan nyaman. Pergantian minyak rem jangan sampai anda tunda – tunda jika memang sudah waktunya diganti. Harga minyak rem yang beredar bervariasi mulai dari harga 10 ribu hingga 50 ribu untuk jenis motor bebek dan matic pada umumnya. Mengenai jenis minyak rem motor dan harga minya rem lengkap mungkin akan kami sajikan di lain kesempatan. Sekian informasi kapan waktu yang tepat mengganti minyak rem motor semoga dapat menambah wawasan anda seputar dunia otomotif. Baca juga Waktu Tepat Mengganti Minyak Rem Motor dan Cara Tepat Membersihkan Busi Motor